Sabtu, 23 April 2011

Sekilas Kutaraja

       Koetaradja, demikian dahulu nama dari sebuah wilayah yang menjadi pusat kerajaan Aceh Darussalam, yang sekarang menjadi Provinsi Aceh yaitu provinsi paling barat dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang sangat familiar ditelinga semua orang bahkan juga diseluruh dunia, terutama setelah terjadinya musibah bencana alam gempa bumi dan tsunami pada tanggal 26 Desember 2004.
       Saat ini, Kutaraja merupakan salah satu kecamatan hasil pemekaran di Kota Banda Aceh pada tahun 2003, mendampingi 8 (delapan) kecamatan lainnya yaitu Meuraxa, Baiturrahman, Kuta Alam, Syiah Kuala, Ulee Kareng, Banda Raya, Lueng Bata, dan Jaya Baru. Kutaraja juga menjadi salah satu wilayah yang paling parah terkena musibah tsunami Tahun 2004 yang lalu.
       Wilayah Kecamatan Kutaraja  yang terletak di bagian utara Kota Banda Aceh terletak pada 5'33’09”-5'35’01" LU dan 95'18’29”-95'19’20” BT memiliki luas 521,3 Ha, terbagi ke dalam 6 (enam) desa/gampong yang juga tergabung dalam 1 kemukiman, yaitu Kemukiman Tgk. Dianjong.
       Adapun batas-batas wilayah Kecamatan Kutaraja adalah :
Sebelah Utara : Selat Malaka (Pulau Sabang)
Sebelah Timur : Kecamatan Kuta Alam
Sebelah Selatan : Kecamatan Baiturrahman
Sebelah Barat : Kecamatan Meuraxa

       Jumlah Penduduk Kutaraja setelah tsunami hingga saat ini belum sampai 10 ribu jiwa, jumlah yang sangat kecil untuk satu wilayah kecamatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar